Pesona Indah Ombak Bono Kampar

Seorang peselancar putri sedang mencoba ombak bono sungai kampar  
Hey travelers....kali ini kru oketravelling akan berbagai informasi tentang salah tujuan wisata kepada anda yang ingin melakukan travelling alam bebas sekaligus merasakan serunya berselancar di atas ombak sungai (tidal bore).

Tempat tujuan wisata yang kali ini akan kami bahas adalah tempat berselancar OMBAK BONO Sungai Kampar, di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Indonesia.  

Banyak sudah peselancar dunia dari berbagai negara telah menjajal adrenalin mereka untuk menikmati Tujuh Hantu (Seven Ghost) gelombang ombak Bono Sungai Kampar. Begitu uniknya ombak bono ini karena hanya bisa ditemui di dua negara saja yaitu Indonesia dan Brazil.

Di Indonesia, ombak Bono ini hanya satu-satunya terjadi di sungai kampar yang biasanya akan terjadi disaat pertengahan perhitungan bulan arab (qomariah) yaitu pada tanggal 10-20 dan akan mencapai puncaknya kira-kira pada bulan November dan Desember setiap tahunnya.

Kepopuleran ombak Bono sendiri telah tersiar hingga mancanegara yang membuat seorang peselancar sungai dari Inggris Steve King berniat memecahkan rekor dunianya sendiri pada Guiness World of Record yang berhasil berselancar disungai sejauh 40 km.

Ilustrasi serunya berselancar di ombak bono
Kami yakin bahwa berselancar ombak Bono Sungai Kampar tidak akan mengecewakan anda, karena jika anda datang pada puncak terjadinya bono maka akan ada 21 gelombang ombak yang akan muncul secara bersamaan yang berlangsung selama hampir 2 jam (kami tidak menyarankan hal ini buat peselancar pemula karena sangat berbahaya). Menarik bukan, karena kalo anda berselancar di laut gelombang yang terjadi hanya berlangsung selama 2 menit saja.

Untuk ketinggian gelombangnya, ombak Bono pada saat biasanya hanya 3 meter namun dapat mencapai ketinggian 4-6 disaat bulan purnama. Dan ini merupakan ombak bono terbesar di dunia.

Jika anda berniat untuk mencoba adrenalin anda, maka silahkan datang ke Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau Indonesia yang berjarak 5-6 jam jalan darat atau sekitar 4-5 jam dengan transportasi laut dari Pekanbaru Ibukota Provinsi Riau.    

   

0 Response to "Pesona Indah Ombak Bono Kampar"

Post a Comment

back to top