Arti CLASS (Kelas) Tiket Pesawat

Bagi anda yang sering menggunakan pesawat untuk bepergian ke suatu tempat tentunya sudah tidak asing dengan istilah "kelas" yang ada pada tiket yang anda beli. Namun bagi anda yang belum pernah atau pertama kali melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat tentunya akan bertanya apa sih arti kelas pada tiket yang anda beli tersebut.

Mungkin anda agak malu untuk menanyakannya kepada orang lain, nah disini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan "kelas" pada tiket tersebut.


Contoh kelas (Class) pada tiket Garuda Indonesia
Arti kelas pada tiket adalah kelompok penumpang pesawat yang dibedakan atas dasar pembelian harga tiket menuju ke suatu daerah tujuan. Adanya kelas atau pengelompokan ini bertujuan untuk membedakan jenis pelayanan yang akan diterima oleh seorang penumpang pesawat, lama validasi tiket, dan penyediaan letak kursi/seat di pesawat (khusus untuk kelas Bisnis).  

Semakin tinggi kelas yang diminta, maka harga tiket akan semakin mahal dan akan mendapatkan pelayanan yang lebih dari kelas yang lebih rendah.

Untuk penetapan nama kelas dan sub kelas pada tiket ditetapkan oleh maskapai penerbangan itu sendiri, ada pun contoh penetapan nama kelas dan sub kelas pada maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air dapat dilihat sebagai berikut:

Garuda Indonesia:
Kelas Bisnis, terdiri dari sub kelas  J (Juliet), C (Charlie), D (Delta) dan W (Whiskey).
Kelas Ekonomi, terdiri dari sub kelas  Y (Yankee), L (Lima), M (Mike), K (Kilo), N (November) dan Q (Quebec).
Kelas Promo, terdiri dari sub kelas B (Bravo) dan V (Victor).

Lion Air
Kelas Bisnis, terdiri dari sub kelas C (Charlie), D (Delta) dan I (India).
Kelas Ekonomi, terdiri dari sub kelas Y (Yankee), A (Alpha), G (Golf), W (Whiskey), S (Sierra), B (Bravo), H (Hotel), K (Kilo), L (Lima), M (Mike), N (November dan Q (Quebec). 
Kelas Promo, terdiri dari sub kelas T (Tango), V (Victor) dan X (X-ray).

Demikian sedikit penjelasan kami tentang arti kelas tiket pesawat, semoga bermanfaat.    

2 Responses to "Arti CLASS (Kelas) Tiket Pesawat"

back to top