Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat

Wilayah Ciletuh Geopark
Satu lagi tempat wisata (tourism destination) yang sangat indah dan oketravelling rekomendasikan adalah Taman Geopark Ciletuh yang terletak desa Taman Jaya, kecamatan Ciemas, kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. 

Dengan pesonanya yang eksotis, Geopark Ciletuh menyajikan beberapa objek wisata seperti Curug (air terjun) Awang, tebing Panenjoan, 9 air terjun, dan juga wisata kuliner yang nikmat.
Kawasan Ciletuh Geopark

Geopark Ciletuh yang baru saja mendapatkan sertifikat nasional dari Kementerian ESDM ini diharapkan menjadi Unesco Global Geopark Network tahun 2017 nanti. Di Geopark Ciletuh terdapat keanekaragaman geologi, hayati, maupun budaya dengan keunikan yang menawan yang akan menarik minat anda travelers untuk mendatanginya berulang kali.

Daya tarik paling eksotis di Geopark Ciletuh adalah air terjun (curug) Awang yang bentuknya mirip dengan air terjun niagara yang terdapat di perbatasan amerika serikat dan kanada.
Curug Awang

Dengan ketinggian sekitar 40 meter dan lebar 60 meter, curug awang dihiasi dengan dinding batu alam berwarna coklat kemerahan yang menjadikannya mudah dikenali jika dilihat dari tempat lain.

Curug Awang memiliki 2 air terjun, yang disebelah kanan disebut Curug Awang Indung (air terjun utama) dan yang disebelah kiri disebut Anak Curug Awang karena lebih kecil. Jika musim hujan, curug Awang sangat mirip sekali dengan air terjun Niagara.

2 Responses to "Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat"

back to top