Wisata Sejarah ke Monumen Nasional (MONAS)

Dear Travelers, di musim liburan natal dan tahun baru ini tentunya anda tengah sibuk menikmati berwisata disuatu tempat yang membuat anda dan keluarga bergembira dan suka cita. 

Monumen Nasional (Monas), Jakarta
Banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai pengalaman menarik bagi anda, agar anda dan keluarga pergi berwisata kesana, seperti tempat wisata dengan pemandangan pantai, pegunungan, wisata belanja dan lain-lain.

Ribuan wisatawan dari sejumlah daerah di Tanah Air mengunjungi kawasan Monumen Nasional (Monas) selama libur Natal dan Tahun Baru. Monas masih jadi magnet untuk dikunjungi mereka. 

Tapi terkadang tempat wisata tidak hanya melulu di daerah pantai atau pegunungan saja, sesekali anda perlu mengajak keluarga untuk berwisata ke tempat-tempat bersejarah agar putra putri anda tahu tentang sejarah bangsa maupun bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah bangsa tersebut.

Salah satu tempat yang oketravelling rekomendasikan untuk anda dan keluarga kunjungi selama liburan ini adalah bangunan bersejarah yang terdapat di Jakarta Pusat yang bernama "Monumen Nasional" atau sering disingkat "MONAS".

Monas yang mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 ini adalah monumen atau tugu peringatan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintah Hindia Belanda.

Puncak Monas, Api Nan Tak Kunjung Padam
Pada setiap sudut halaman luar terdapat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia, bermula dari sudut timur laut yang mengabadikan sejarah Kerajaan Singasari dan Majapahit, yang dilanjutkan searah jarum jam dengan kronologis yang menggambarkan masa penjajahan Belanda, perjuangan rakyat dan pahlawan nasional, terbentuknya organisasi modern yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada awal abad ke 20, pendudukan jepang, Perang Dunia II, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, revolusi dan perang kemerdekaan diakhiri dengan masa pembangunan Indonesia.

Di bagian dalam Monas tepatnya di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia yang dapat menampung 500 pengunjung. 

Selain itu, di bagian dalam cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan dengan bentuk amphitheater. Di ruangan inilah disimpan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, lambang negara Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bendera merah putih dan dinding yang bertulis naskah proklamasi. 

Untuk bagian puncak dan api kemerdekaan anda bisa mencapainya dengan menggunakan lift. Ketika anda berada di puncak Monas anda bisa menikmati pemandangan seluruh penjuru kota Jakarta. Pada bagian puncak ini anda juga bisa melihat cawan yang menopang nyala lampu perunggu seberat 14,5 ton dan dilapisi emas seberat 50 kilogram.

Tentunya sangat menarik jika anda dan keluarga dapat berwisata ke Monumen Nasional (Monas), walaupun mungkin disaat liburan anda harus berdesakan dengan wisatawan lain yang juga datang untuk berwisata kesana.

1 Response to "Wisata Sejarah ke Monumen Nasional (MONAS) "

  1. Monas adalah tempat yang enak buat nongkrong bagi saya sih

    ReplyDelete

back to top