Tips Travelling Menggunakan Motor

Ilustrasi travelling yang salah dengan sepeda motor
  
Dear Travelers....pernahkah anda melakukan travelling dengan menggunakan sepeda motor? Jawabannya mungkin pernah atau tidak, dan biasanya travelling menggunakan sepeda motor (motor) di Indonesia sering dilakukan disaat anda liburan, atau disaat libur hari keagamaan atau mungkin saat anda bertravelling dengan kelompok motor anda (touring). Pastinya ada sensasi berbeda ketika travelers melakukan travelling dengan menggunakan sepeda motor dibanding menggunakan kendaraan jenis lain, dan hal ini juga pernah dirasakan oleh kru oketravelling.

Ketika anda travelers, berniat menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan anda untuk melakukan travelling pastilah anda harus memperhatikan dan mempersiapkan banyak hal agar selama melakukan travelling dengan motor atau sepeda motor travelling anda nyaman dan aman.

Sebagai referensi buat anda travelers, ada beberapa tips yang ingin oketravelling bagikan kepada anda sekalian ketika melakukan travelling dengan menggunakan motor atau sepeda motor, yaitu : 


  1. Periksa mesin sepeda motor anda, lakukanlah servis jika sepeda motor yang akan anda bawa travelling dirasakan "kurang enak dipakai" saat bertravelling.
  2. Periksa ban sepeda motor anda, jangan sampai ban yang akan dibawa travelling dalam kondisi "gundul" karena akan sangat berbahaya untuk terjadinya slip yang dapat menyebabkan kecelakaan. Persiapkan cadangan ban dalam untuk kedua roda jika memang anda akan melewati daerah-daerah yang mungkin tidak ada bengkel atau tambal ban.
  3. Periksa rem sepeda motor anda, pastikan rem untuk kedua roda berfungsi dengan baik dan tidak dalam keadaan aus.
  4. Periksa oli sepeda motor anda, jangan sampai terjadi kekeringan oli disaat perjalanan karena dapat membuat mesin sepeda motor anda akan cepat panas dan dapat mengakibatkan mogok.
  5. Siapkan busi cadangan.
  6. Periksa kaca spion, lampu sign, lampu besar dan kecil, dalam kondisi baik dan siap pakai.
  7. Siapkan peralatan bengkel sederhana agar ketika anda melewati daerah yang tidak ada bengkel dan mengalami mogok atau ban kempis dapat segera mengatasinya.
  8. Pakailah helm, sarung tangan, jaket, kacamata dan sepatu sebagai alat pelindung diri saat dalam perjalanan.
  9. Siapkan juga senter atau head lamp, untuk mengatasi lampu sepeda motor anda yang tiba-tiba putus atau ketika anda melewati daerah yang tidak ada penerangan lampu listrik.
  10. Jangan terlalu banyak membawa barang, karena akan mempersulit anda melakukan manuver ketika menempuh jalan atau medan yang berat.
  11. Siapkan peta jika memang daerah anda bertravelling tidak bisa mengakses peta digital dari handphone atau GPS.
  12. Sebaiknya ketika bertravelling, satu sepeda motor hanya dinaiki satu atau dua orang saja.
  13. Siapkan uang yang cukup selama bertravelling.
  14. Terakhir, jangan lupa berdo'a sebelum melakukan travelling... hehehehe.

Itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan anda menikmati travelling anda.

0 Response to "Tips Travelling Menggunakan Motor"

Post a Comment

back to top