Kepulauan Seribu, Gugusan Pulau Indah Jakarta

Peta Kepulauan Seribu
Jakarta merupakan Ibu kota Republik Indonesia dengan populasi lebih dari 10 juta jiwa. Jakarta merupakan pusat pemerintahan nasional sekaligus pemerintahan provinsi DKI Jakarta. Jakarta menjadi pusat pemerintahan yang mengatur keuangan dan bisnis. Menjadi pusat politik dan ekonomi karena di Jakarta tempat bertemunya orang dari seluruh Indonesia. 

Jakarta telah memikat banyak orang dari segala aspek kehidupannya, tidak heran jika apapun yang terjadi di Jakarta menjadi perhatian nasional dan merupakan pusat roda sejarah dan kehidupan modern Indonesia.


Salah satu tempat yang menjadi pusat perhatian dunia dibidang pariwisata yang ada di Jakarta adalah Kepulauan Seribu. 

Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu merupakan gugusan pulau yang terletak di Teluk Jakarta. Walaupun jumlahnya tidak cukup hingga seribu tapi hanya terdiri dari 110 pulau besar dan kecil, pulau-pulau inilah yang membentuk Taman Nasional Pulau Seribu.

Pintu Gerbang Kepulauan Seribu
Pulau Bidadari merupakan pulau terdekat ke arah Jakarta sementara itu pulau lain yang jauh ke Laut Jawa seperti Pulau Putri, Pulau Sepa dan Pulau Hantu. Ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, terletak tepat di tengah-tengah cluster ini.
Lumba-lumba di Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu memberikan nuansa yang berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung kesana. Setiap pulau menawarkan berbagai jenis rekreasi dari hanya sekedar menyisir pantai, berperahu, jet ski dan snorkeling, untuk memancing dan scuba-diving atau berlayar ke pulau yang lebih jauh seperti Pulau Anyer, Pramuka, Pulau Kotok dan Pulau Putri.
Putihnya pasir pantai di Kepulauan Seribu

Anda juga bisa melihat sisa-sisa peninggalan sejarah kolonial Belanda di taman arkeologi serta cagar alam untuk berkembang biak dari penyu sisik dan perlindungan hutan mangrove.



Scuba-Diving di Kepulauan Seribu
Bagi anda penggemar scuba-diving, keindahan bawah laut kepulauan seribu anda membuat anda semakin betah untuk melakukan travelling disana. Anda akan melihat beberapa jenis flora dan fauna di Kepulauan Seribu seperti terumbu karang, bintang laut, bintang laut pasir, ikan Betok (Anabas Testudineus Bloch) dan ikan onamental seperti ikan Sargent Mayor antara lain. 


Pulau Bidadari
Untuk mencapai Kepulauan Seribu, anda bisa menggunakan kapal reguler dari Marina Ancol ke berbagai pulau di 08:00 dan 09:00, kembali sekitar 13:00 atau 14:00. Speedboat juga tersedia untuk disewa. Ada juga keberangkatan khusus untuk resor wisata.

Untuk melengkapi tujuan wisata atau travelling, anda dapat meluangkan waktu untuk berlibur di Kepulauan Seribu.

0 Response to "Kepulauan Seribu, Gugusan Pulau Indah Jakarta "

Post a Comment

back to top